MENU×
Coban Rondo

Coban Rondo

Udara yang masih sangat sejuk serta pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang ke Coban Rondo

Managed By Resma

Resma

Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun ini mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Akses yang paling mudah adalah melalui jalan raya dari Malang ke Batu dari sebelah timur atau dari Kediri ke Pare menuju Malang dari arah barat. Coban Rondo terletak pada ketinggian 1135 m di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dengan debit air berkisar antara 90 liter per detik pada musim kemarau sampai dengan 150 liter per detik pada musim penghujan. Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat (dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo).

Hal Yang Bisa Dilakukan di Coban Rondo
Selain sightseeing atau hunting foto dan gambar, masih ada berbagai kegiatan yang isa wisatawan lakukan seama berada di Coban Rondo. Tersedia area Camping Ground dimana wisatawan bisa ber-camping bersama keluarga dan saudara. Terdapat 5 pilihan camping area yaitu Camping Ground Cemara, Damar, Rasamala, Mangir dan Karpa.

Kemudian wisatawan juga bisa melakukan aktifitas trekking. Di Coban Rondo wisatawan bisa mencoba trekking dengan menelusuri jalur trekking yang sudah dibuat oleh pengelola kawasan wisata Coban Rondo. Di kawasan ini juga sudah tersedia fasilitas seperti sepeda gunung dan juga kuda serta aneka kelinci untuk menemani berkeliling area Coban. Untuk area air terjun sendiri sudah ada kegiatan yang menarik, salah satunya adalah Fun Tubing. Nantinya, wisatawan bisa menelusuri aliran sungai yang berada di dekat air terjun tersebut. Sayangnya, jika musim hujan tiba fasilitas ini jarang diadakan mengingat medan dan keselamatan wisatawan.

Selain Fun Tubing, ternyata ada beberapa aktifitas lain yang bisa dilakukan di sekitar area air terjun. Di sini para wisatawan akan diajak untuk melihat habitat dari Lutung dan juga Kera Abu-Abu. Hewan-hewan ini hidup dan juga memiliki habitat di sekitar hutan pinus yang ada di sekeliling air terjun Coban Rondo ini. Bersama para pemandu, para wisatawan akan diajak untuk lebih dekat mengenal habitat dari spesies primata tersebut.

Selain melihat habitat lebih dekat, para wisatawan juga bisa ikut program Tree Walk. Senada dengan menyaksikan habitat dari Lutung dan juga Kera Abu-Abu ini, di program ini para wisatawan akan menelusuri kawasan wisata alam ini dan melihat pepohonan pinus dan juga beberapa pohon tua yang masih tumbuh di sekitar hutan alam di kawasan wisata air terjun tersebut.

Di kawasan wisata air terjun Coban Rondo ini juga terdapat penangkaran dan juga area untuk satwa serta kebun.

Para wisatawan bisa mendengar suara kicauan burung yang cukup merdu di sekitar area hutan pinus. Tidak heran di sekitar kawasan wisata ini kerap dijadikan tempat untuk observasi burung. Di sini para wisatawan bisa mendengar suara merdu sembari menikmati keindahan air terjun yang deras ditambah lagi dengan latar belakang hutan pinus yang indah.

Selain burung dan juga primata, ternyata ada habitat rusa yang juga hidup di sekitar hutan pinus.

Rusa-rusa yang ada di sekitar Coban Rondo ini cukup jinak meski ada yang masih takut dengan kehadiran manusia di sekitar Coban Rondo tersebut. Tentu saja hal ini menjadi salah satu pesona yang dimiliki kawasan wisata tersebut.

Untuk kebun tanaman, di kawasan wisata Coban Rondo ini sudah menyediakan kebun organik yang semuanya menggunakan bahan-bahan organik mulai dari pupuk hingga pemberantasan hama yang tidak menggunakan bahan kimiawi. Di sini para wisatawan bisa mendapatkan informasi bagaimana caranya membuat kebun organik di rumah sendiri.

Sementara kebun tanaman hias dan juga tanaman obat menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Para wisatawan bisa melihat aneka jenis bunga dan tanaman hias yang dimiliki oleh Coban Rondo. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Selain itu ada beberapa tanaman obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Semua informasi tersaji dengan sangat jelas dan lengkap. Para wisatawan anak-anak juga bisa mendapatkan informasi dan juga sisi edukasi yang sangat penting di dunia alam. Sembari bermain di taman bermain, para wisatawan anak-anak juga bisa belajar lebih seru dan menyenangkan.

Akses Menuju Ke Coban Rondo
Kawasan wisata Coban Rondo ini letak dan lokasinya berada di dekat Kota Batu yang berjarak sekitar 12 km dari pusat kota. Alamatnya berada di daerah Pandansari, Kecamatan Pujon. Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga transportasi umum. Akses utama menuju ke kawasan wisata ini sudah sangat baik dan juga sudah menggunakan aspal. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan bis jurusan Malang dari kota Surabaya. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum yang berangkat dari Terminal Arjosari Malang ke arah Landungsari. Dari sini bisa dilanjutkan dengan menggunakan bis yang memiliki tujuan ke arah Kediri melalui Pujon. Di sini para wisatawan bisa turun di Patung Sapi yang sudah berada di depan pintu masuk utama daerah Coban Rondo. Dari sini bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek yang berada di sekitar.
Sementara bagi yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengambil jalur atau akses dari jalan raya Batu ke arah Pujon, Malang. Di sini para wisatawan akan menemukan tanjakan yang landai dan juga jalan yang sedikit berkelok-kelok dan juga tajam. Setelah itu para wisatawan akan menuju ke area puncak perbukitan. Di sini sudah ada papan petunjuk yang siap mengantarkan para wisatawan untuk menju ke Coban Rondo. Papan petunjuk ini mengarahkan para wisatawan menuju ke arah kiri yang keluar dari jalan utama menuju ke pintu masuk Coban Rondo. Bisa juga menggunakan aplikasi peta online atau Google Maps sebagai petunjuk jalan ke kawasan wisata ini.

Fasilitas Yang Tersedia di Coban Rondo
Kawasan wisata Coban Rondo juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk menunjang kenyamanan para wisatawan yang datang, seperti area parkir yang luas, toilet umum, warung makan, mushola, hingga area camping

Tiket dan Jam Operasional Coban Rondo
Wisata Coban Rondo dibuka untuk wisatawan umum setiap hari selama 24 jam dengan biaya tiket antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per orangnya. 

Source :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Coban_Rondo
  • https://www.jejakpiknik.com/coban-rondo/