MENU×
Pantai Gesing
Pantai Gesing

Pantai Gesing

Kota Budaya ini sangat terkenal dengan objek wisata pantainya yang beragam serta keunikannya masing-masing, salah satunya adalah Pantai Gesing

Managed By Resma

Resma

Pantai Gesing

Pantai ini seringkali menjadi tujuan kebanyakan wisatawan. Meskipun namanya belum kondang seperti Pantai Parangtritis atau juga Pantai Sadranan. Namun, keindahan berupa batuan karang yang berjajar indah membuat wisatwan sulit untuk beranjak pergi dari pantai ini.

Pantai Gesing merupakan pantai yang terletak di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Kesirat ini menawarkan pemandangan yang tak diragukan lagi. Banyaknya nelayan yang beraktifitas di pantai dan deretan kapal-kapal yang sandar membuat suasana pantai cukup eksotis. Satu hal lain yang membuat pantai ini menarik adalah adanya di sekitaran pantai yang airnya cukup dangkal dan terdapat banyak batu karang yang berjejeran rapi. Wisatawan bisa berburu ikan hias yang bersembunyi di balik batu karang dengan menggunakan sebuah jaring kecil.

Pantai ini juga dikenal sebagai pantai nelayan, meskipun tidak sebesar pantai nelayan lainnya seperti Pantai Ngrenehan atau Pantai Sadeng. Pantai Gesing juga menjadi destinasi bagi pembeli ikan, baik untuk dikonsumsi pribadi maupun untuk di jual kembali.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Pantai Gesing
Selain dari pemandangannya yang indah, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktifitas di pantai ini diantaranya :

  • Memancing, wisatawan yang memiliki hobi memancing bisa menyalurkan hobinya di pantai ini karena di sini diperbolehkan untuk memancing. Terdapat spot-spot memancing yang sudah terkenal di pantai ini, meskipun wisatawan harus rela naik ke beberapa tebing karang terlebih dahulu. Bagi wisatawan yang ingin berburu ikan hias untuk dibawa pulang, bisa menjaring di sekitaran batu karang di sisi pantai
  • Berenang, di Pantai Gesing ini wisatawan diperbolehkan untuk berenang karena airnya yang tenang dan ombak nya juga tidak terlalu besar, sehingga aman jika wisatawan berenang di sekitar pantai
  • Berfoto, saat berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk membawa kamera pribadi karena pemandangan yang tersedia sangat sayang jika tidak diabadikan. Terdapat beberapa spot foto favorit seperti dua batu karang yang berdiri kokoh yang dan menghadirkan dua rona berbeda, kemudian jembatan cinta yang memiliki background eksotis disampingnya. Berada di bukit batu dan dikombinasikan dengan dominasi semak belukar membuat jembatan ini semakin eksotis
  • Berwisata kuliner, pantai ini juga dikenal dengan kuliner lautnya yang nikmat dan dengan harga yang tidak merogoh kocek terlalu besar. Ikan-ikan yang dimasak adalah hasil tangkapan dari nelayan dan masih segar, bahkan wisatawan bisa memilih sendiri ikan yang diinginkannya.
  • Menyaksikan sunset, keindahan pantai ini masih terus berlanjut maka dari itu ada baiknya wisatawan tidak langsung beranjak dari pantai ini. Momen sunset yang ada di pantai ini sangat indah, matahari yang turun membawa sinar merah oranye dikombinasikan dengan bebatuan karang dan kapal nelayan, menghadirkan rona siluet yang indah dan menawan

Akses Menuju Ke Pantai Gesing
Akses untuk menuju ke pantai ini sangat mudah, jalanannya sudah beraspal dan bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus. Perjalanan menuju Pantai Gesing dapat ditempuh melalui jalur darat dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah ringroad selatan dan ambil ke Jalan Imogiri Timur. Lalu ambil ke arah daerah Selopamioro, Panggang, hingga pertingaan SDN Sawah Warak yang dekat dengan pohon beringin di pinggir jalan. Kemudian ambil ke pertigaan Bolang dan ikuti arah menuju Pantai Gesing. Namun, tak sedikit wisatawan yang kesulitan menemukan arah ke pantai ini, selain itu lokasinya juga sulit untuk ditemukan di peta online seperti Google Maps atau Waze. Maka dari itu, disarankan kepada wisatawan apabila sudah memasuki kawasan SDN Sawah Warak dan kesulitan menemukan daerah Bolang, dianjurkan untuk bertanya dengan warga sekitar.

Sesampainya di pantai, rasa lelah dan kebingungan selama perjalanan akan terbayar dengan suguhan keindahan dan kealamian yang terdapat di pantai ini. Diapit oleh dua tebing di sisi barat dan timur, pasir putih yang bersih dan lembut serta ombak yang mendayu lembut terpadu sempurna di pantai ini. Bukan hanya itu, pemandangan bawah laut dari pantai ini juga luar biasa. Air lautnya sangat bening dan dangkal sehingga keindahan dibawah laut bisa terlihat dengan jelas.

Fasilitas Yang Tersedia di Pantai Gesing
Pantai Gesing juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasiitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang datang diantaranya tempat parkir yang luas, toilet umum, tempat beribadah, penginapan hingga toko-toko souvenir tempat untuk membeli cinderamata sebagai oleh-oleh hasil berwisata dari Pantai Gesing.

Tiket dan Jam Operasional Pantai Gesing
Pantai Gesing dibuka untuk wisatawan 24 jam setiap harinya. Tiket masuk akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang nya. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan pribadi tarifnya berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa. Untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp 2000, mobil Rp 5.000, ELF Rp 10.000 dan Bus Rp 20.000.

Source :

  • https://www.jejakpiknik.com/pantai-gesing/
  • https://liburmulu.com/pantai-gesing-gunungkidul-jogja/
  • https://mytrip123.com/pantai-gesing/
  • https://www.yogyes.com/id/places/gunungkidul/pantai-gesing/

Nearby