MENU×
Kampung Warna Warni Jodipan
Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan

Kota Malang menjadi sangat terkenal dikarenakan memiliki banyak tempat objek wisata. Beberapa objek wisata bahkan sudah viral dan menarik perhatian wisatawan asing. Salah satu tempat wisata yang sedang viral tersebut adalah Kampung Warna Warni yang terletak di Jodipan ini

Managed By Resma

Resma

Contact
Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Wisata Jodipan adalah kampung wisata pertama di Kota Malang berupa sederetan rumah warga di tepi Sungai Brantas yang menampilkan dinding dengan aneka warna yang menarik dan tidak monoton. Kampung ini terletak di Jodipan berada di tepi Sungai Brantas. Kampung Wisata Jodipan ini biasanya dijuluki Kampung Warna Warni. Kampung Warna Warni terdapat di dua wilayah, yaitu Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Antara keduanya dihubungkan dengan jembatan kaca "Ngalam" Indonesia (Ngalam dibaca Malang). Jembatan mini berlantaikan kaca ini diresmikan penggunaannya oleh Walikota Malang, Moch. Anton, 9 Oktober 2017. Pada 4 September 2016, Kampung Wisata Jodipan tersebut diresmikan langsung oleh Wali kota Malang, H. Mochamad Anton didampingi Forkopimda Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang. Selain itu hadir juga Vice President PT Indana Paint, Steven A Sugiharto serta GuysPro selaku pencetus kampung warna-warni ini.

Adanya Kampung Warna Warni ini berawal dari ide mahasiswa UMM yang melihat adanya potensial di Kampung Jodipan dalam hal sebagai lokasi yang memiliki pemandangan dan spot bagus untuk berfoto, akan tetapi kondisi yang kumuh menjadi hal yang harus ditangani terlebih dahulu sebelum merubah tempat ini mejadi sebuah lokasi wisata, maka dari itu mahasiswa tersebut mencari sponsor dan mengadakan penggalangan dana terhadap Pemkot Malang.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Kampung Warna Warni Jodipan
Dengan mengusung konsep "Decofresh Warnai Jodipan", rumah-rumah di kampung ini mulai berwarna. Lokasi kampung ini juga unik, yakni terletak di bantaran sungai, rumah-rumah berdiri sesuai dengan kontur tanah sehingga terlihat seperti bersusun. Tak hanya pada dinding jalan yang terlihat dari Jalan Raya Gatot Subroto, dinding serta pintu rumah warga yang terletak di gang sempit pun disulap menjadi warna-warni yang indah. Atap genteng rumah warga yang awalnya tanpa warna sekarang menjadi cantik sehingga indah untuk didokumentasikan. Pada tembok-tembok kampung juga terdapat beraneka ragam lukisan mural yang menjadikan kamung ini menjadi semakin keren dan bagus untuk dijadikan tempat berswafoto. Terdapat beberapa spot favorit para wisatawan yang hadir disini diantaranya :

  • Jembatan Embong Brantas
  • Dinding Warna Warni
  • Lorong Payung
  • Lukisan 3 Dimensi
  • Tangga Warna-Warni
  • Jembatan Waca

Akses Menuju Ke Kampung Warna Warni Jodipan
Akses jalan menuju Kampung Wisata ini cukup mudah dengan kondisi jalan yang baik, bisa dilalui dengan kendaraan umum maupun pribadi baik beroda 2 maupun beroda 4. Bagi wisatawan yang berada di Alun-Alun Kota Malang, jarak dengan tempat wisata ini hanya sekitar 2 KM. Sedangkan bagi wisatawan luar kota yang berada di stasiun kereata api, jarak dengan tempat wisata berkisar 500 meter. Wisatawan bisa jalan kakai maupun naik becak dari stasiun kota Malang.

Fasilitas Yang Tersedia di Kampung Warna Warni Jodipan
Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti :

  • Area parkir
  • Kios
  • Toilet Umum, serta
  • Warung / Toko penjual makanan dan minuman

Tiket dan Jam Operasional Kampung Warna Warni Jodipan
Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, dengan biaya tiket :

Tiket Masuk Rp 2.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Parkir Bus Pariwisata Rp 15.000 - Rp 25.000


Source :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kampung_Wisata_Jodipan
  • https://dolanyok.com/kampung-pelangi-jodipan-malang/
  • https://dolandolen.com/15-tips-foto-di-kota-lama-malang-kampung-warna-warni-dan-sekitarnya/
  • https://www.dakatour.com/alamat-dan-rute-menuju-kampung-warna-warni-jodipan-malang-indahnya-perkampungan-yang-penuh-warna.html