MENU×
Kampoeng Heritage
Kampoeng Heritage

Kampoeng Heritage

Kampoeng Heritage merupakan tempat wisata kampung tematik yang mengusung konsep retro dan segala hal yang bernuansa jaman tempo doeloe

Managed By Resma

Resma

Appointment with Owner

Whatsapp
Kampoeng Heritage

Kampoeng Heritage resmi dibuka pada April 2018 silam dengan mengusung tema tempo doeloe. Terdapat sekitar 60 rumah tua yang berhasil diidentifikasi pada kampung ini. Didepan rumah dipasang plakat informasi usia bangunan hingga pemilik pertamanya. Tak jarang terdapat rumah yang dibangun dalam kurun waktu 1920 - 1940 dengan model atap pelana atau biasa disebut rumah jengki. Sejenak setelah kampung ini diresmikan, sejak itu pula semakin banyak menarik perhatian wisatwan baik lokal maupun asing.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Kampoeng Heritage
Sebenarnya, tempat ini merupakan sebuah perkampungan dimana bangunan yang terdapat di lokasi ini juga masih ada penghuninya. Hanya saja, di kampung ini terdapat banyak sekali bangunan tua dari jaman dulu yang masih terawat dengan rapi sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik lokal maupun luar kota.

Pada area wisata ini juga terdapat peta kecil yang menunjukkan mengenai spot-spot foto kekinian yang biasa dikunjungi wisatawan. Sehingga wisatawan tidak akan kebingungan mencari spot foto yang unik dan tidak akan tersesat saat menjelajahi kampung unik ini.

Namun terdapat juga beberapa spot foto yang berbayar, namun tak perlu khawatir karena harga nya cukup terjangkau.

Beberapa warga ada yang membuka diri, menyediakan rumah mereka sebagai titik swafoto bagi tamu sembari pemiliknya tetap beraktivitas seperti biasa. Salah satunya adalah Rumah Jamu milik Bu Esther. Dibangun pada tahun 1940, rumah ini pernah digunakan sebagai tempat pengobatan sinshe. Meski tak lagi digunakan sebagai praktik pengobatan, Bu Esther pemilik rumah ini tetap menjual jamu tradisional. Ada pula yang menyediakan pernak-pernik seperti kamera lawas, mesin ketik dan perabotan kuno lain yang digunakan untuk berfoto. Dari sekian banyak rumah yang terdapat di kampung ini, Rumah Photo Antik & Gallery Antik menjadi yang paling favorit oleh wisatawan. Disini wisatawan bisa berfoto menggunakan interior yang ada seperti kamera lawas, motor jadul, mebel interior dan sebagainya.

Akses Menuju Ke Kampoeng Heritage
Jika ingin berkunjung, lokasi Kampoeng Heritage ini berada di Jalan Jend. Basuki Rachmat Gang IV, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di tengah perkotaan membuat wisatawan mudah untuk mencapai tempat wisata ini.

Jika berada di Alun-Alun Kota Malang, maka ambil ke arah selatan kurang lebih 1 KM. Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi perlu pelan-pelan dalam mengendarai karena nantinya akan masuk ke dalam gang kecil. Jika kebingungan, wisatawan bisa menggunakan peta online atau Google Maps karena lokasi ini sudah terdaftar di Google Maps.

Fasilitas Yang Tersedia di Kampoeng Heritage
Setekah membayar tiket masuk, wisatawan akan mendapatkan kartu pos bergambar jaman dulu sebagai souvenir. Kemudian, wisatawan bisa melanjutkan untuk mengagumi aneka bangunan klasik nan indah yang ada di kampung ini.

Tiket dan Jam Operasional Kampoeng Heritage
Kampoeng Heritage ini buka setiap hari dengan jam buka hari Senin - Jumat pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB dan hari Sabtu - Minggu pukul 06.00 hingga 19.30 WIB. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang dan apabila membawa kendaraan pribadi maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah pagi atau sore hari, dimana wisatawan bisa menjelajah tanpa takut akan teriknya sengatan sinar mentari.

Source :

  • https://travelingyuk.com/kampoeng-heritage-kayutangan-2/227823
  • https://www.dakatour.com/harga-tiket-masuk-dan-rute-menuju-kampung-heritage-kayutangan-malang-serunya-berwisata-dengan-nuansa-tempo-dulu.html

Nearby