MENU×
Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul
Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul

Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul

Mangrove Ecotourism di Banyuwangi Selatan

Managed By Yuardi Bisatya

Yuardi Bisatya

Whatsapp
Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul

Mangrove Bedul atau bernama lain Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul merupakan daya tarik wisata hutan mangrove atau bakau di kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Kawasan ini dikembangkan sebagai obyek wisata oleh masyarakat sekitar bekerjasama dengan pengelola balai Taman Nasional Alas Purwo. Obyek wisata ini dikembangkan berbasis konservasi karena berada di dalam kawasan taman nasional dan kondisi lingkungannya dijaga sealami mungkin. Kawasan wisata ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Dusun Bloksolo, RT 01, RW 02, desa Sumberasri, kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Mangrove Bedul berada di tepi Daerah Aliran Sungai (DAS) Setail/Stail dan muara sungai yang dikenal dengan nama Segara Anakan Taman Nasional Alas Purwo. Hutan mangrove ini memiliki luas area 2.300 hektar yang memanjang sejauh 18 kilometer di tepi Segara Anakan Taman Nasional Alas Purwo. Luasnya area tersebut membuat kawasan ini menjadi hutan mangrove terbesar dan terluas di Pulau Jawa. Seluruh tepian Segara Anakan pada sisi kiri dan kanan dipenuhi oleh beraneka jenis tanaman mangrove. Ada sekitar 27 jenis tanaman mangrove yang tumbuh di kawasan ini dan terlengkap jenisnya di Indonesia. Fungsi utama hutan mangrove ini adalah untuk menahan abrasi air laut.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul
Guna memudahkan wisatawan, pihak pengelola menawarkan beberapa jenis paket wisata yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Paket-paket ini umumnya menggunakan alat transportasi perahu yang biasa disebut Gondang-Gandung.

Biasanya, perahu ini sudah siap menyambut wisatawan di dermaga. Tarif yang dipatok cukup terjangkau yaitu Rp 200.000 per kapal dengan kapasitas perahu 10 hingga 15 orang.

Selain itu, terdapat juga paket Beduk-Pantai Cungur yang merupakan paket pengamatan burung. Paket ini sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi fotografi, paket ini dibanderol harga sekitar Rp 260.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang. Berbagai macam burung dapat ditemukan disini seperti burung bangau, burung elang, burung blibis dan pada bulan-bulan tertentu terdapat sekitar 16 jenis burung migran dari Australia yang datang kemari diantaranya burung cekakak suci, burung kirik-kirik laut, burung trinil pantai dan masih banyak lagi.

Kemudian Paket Bedul-Sungai Kere yang merupakan paket pengamatan tanaman mangrove. Kawasan ini merupakan lokasi paling bagus untuk mengamati mangrove secara detail, mulai dari bunga, buah hingga bagiannya yang bermacam-macam seperti akar tunjang, pensil, lutut dan akar papan. Paket ini dibanderol harga tiket sebesar Rp 200.000 untuk 10 orang.

Paket Bedul-Ngagelan, merupakan paket yang menyuguhkan pemandangan mangrove mulai dari Bedul hingga Ngagelan. Sesampainya di Ngagelan wisatawan akan diajak berjalan kaki sejauh 2 km menuju ke tempat penetasan telur penyu secara semi alami dan menikmati atraksi tukik di dalam bak pemeliharaan. Harga tiket untuk paket ini adalah Rp 500.000 untuk 10 orang.

Yang terakhir adalah paket lengkap satu hari penuh di Taman Nasional Alas Purwo. Merupakan paket ekowisata sehari penuh menyusuri Bedul, lalu ke Ngagelan tempat penetasan telur penyu, Padang Sadengan, Pantai Pancur, Goa Istana, Pantai Plengkung (G-Land) dan kembali lagi ke Bedul. Tarif tiket ini lumayan mahal yakni sekitar Rp 2.000.000.

Akses Menuju Ke Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul
Rute menuju ke hutan mangrove ini dari pusat kota Banyuwangi ke arah selatan menuju Taman Nasional Alas Purwo. Selama perjalanan akan melewati Jalan Raya Banyuwangi-Jember, pertigaan Srono, Jalan Srono, Jalan Raya Grajagan, dan tiba di gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo dari Blok Bedul. Kondisi jalan dari pusat kota Banyuwangi hingga sekitar Srono cukup lebar namun mulai menyempit dan sedikit ketika memasuki jalur penghubung Srono-Grajagan hingga tiba di gerbang masuk taman nasional.

Jika menggunakan transportsi umum, dari Banyuwangi ambil bus dengan tujuan Srono Muncar, kemudian lanjutkan perjalanan dengan berganti bus menuju ke Tegaldimo. Sesampainya di Tegaldimo gunakan ojek sekitar ke Desa Sumbersari dan ikuti jalur menuju ke Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul.

Fasilitas Yang Tersedia di Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul
Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, diantaranya:

  • Tempat parkir luas
  • Warung / kedai makanan
  • Toilet umum
  • Penangkaran penyu

Tiket dan Jam Operasional Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul

Ekowisata Hutan Mangrove Blok Bedul dibuka setiap hari Senin sampai Minggu pada pukul 08.00 hingga 16.00. Harga tiket yang dipatok berbeda-beda sesuai dengan paket wisata yang dipilih, berikut ini adalah rinciannya:

Paket Wisata Harga Tiket
Sewa perahu Gondang-Gandung Rp 200.000/10 orang
Paket Bedul Pantai Cungur Rp 260.000/10 orang
Paket Bedul-Sungai Kere Rp 200.000/10 orang
Paket Bedul-Ngagelan Rp 500.000/10 orang
Paket Lengkap Taman Nasional Alas Purwo Rp 2.000.000

Sumber:

  • Teamtouring.net. “Mangrove Bedul, Wisata Hutan Bakau Alas Purwo Banyuwangi”
  • Travel.detik.com. “Ini Dia Aneka Spot Wisata Menarik di Blok Mangrove Bedul, Banyuwangi”

Nearby