MENU×
Batu Belimbing
Batu Belimbing

Batu Belimbing

Selain wisata bahari indah, Bangka Belitung punya sederet wisata alam da sejarah lainnya. Salah satunya adalah geowisata Batu Belimbing. Geowisata ini berada di Kabupaten Bangka Selatan, tepatnya di Dusun Jebu Laut, Desa Kelabat, Kecamatan Paritiga

Managed By Resma

Resma

Appointment with Owner

Whatsapp
Batu Belimbing

Selain wisata bahari indah, Bangka Belitung punya sederet wisata alam dan sejarah lainnya. Salah satunya adalah geowisata Batu Belimbing. Geowisata ini berada di Kabupaten Bangka Selatan. Tepatnya ada di dusun Jebu Laut Desa Kelabat, kecamatan Paritiga.

Tumpukan batu granit yang menjulang tinggi dengan ukuran besar dapat dijumpai di sana. Uniknya batu tersebut menyerupai bentuk buah belimbing. Menurut informasi yang beredar, batuan tersebut terbentuk akibat pembekuan magma dalam perut bumi yang terjadi sekitar 270 juta tahun lalu yang tersingkap di daratan.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Batu Belimbing
Menyusuri jalan setapak di Kampung Lalang, Tanjung Ketapang, Toboali, Bangka Selatan, di sebelah kiri jalan, kamu akan melihat pemandangan tak biasa. Tumpukan bebatuan berwarna hitam legam berada di sisi jalan sebelum pantai Batu Perahu. Tumpukan bebatuan ini dulunya tidak terawat, namun semenjak dikelola oleh anak muda daerah setempat, lokasi ini berubah menjadi daerah wisata.

Kehadiran pemuda setempat juga membuat lokasi ini lebih tertata. Sentuhan warna-warni di sekeliling pagar kayu membuat destinasi terlihat bersih.

Ada tiga titik favorit wisatawan di objek wisata ini. Puas foto-foto di area depan bertuliskan Welcome to Batu Belimbing, kamu bisa menyusuri objek wisata ini lebih dalam.

Bagian tengah kawasan ini, terdapat area kosong yang begitu rindang. Sekadar beristirahat di atas bebatuan sambil menikmati hembusan angin bisa kamu rasakan disini. Kamu juga bisa naik ke atas batu yang lebih tinggi jika ingin melihat pemandangan lebih indah. Perlu diingat, wisatawan harus tetap waspada dan berhati-hati saat berada di kawasan ini.

Akses Menuju Ke Batu Belimbing
Untuk datang kesini cukup mudah. Dengan berkendara selama 10 menit dari pusat kota Toboali, Bangka Selatan, wisatawan sudah bisa sampai dan melihat keagungan ciptaan Yang Maha Kuasa. Lokasi wisata ini bisa diakses baik dengan berkendara menggunakan sepeda motor ataupun roda empat. Lokasi jalan raya di area wisata ini sudah mulus beraspal.

Tiket dan Jam Operasional Batu Belimbing
Objek wisata Batu Belimbing ini bisa dikunjungi setiap saat, pasalnya tidak ada pemberlakuan tiket masuk untuk objek wisata ini. Hanya saja wisatawan yang datang wajib membayar biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 2.000 dan mobil sebesar Rp 5.000. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Batu Belimbing adalah pada waktu sore hari. Pasalnya kita bisa sekaligus menikmati pemandangan matahari terbenam dengan latar belakang pantai yang berada di belakang batu Belimbing.

Source :

  • https://www.genpi.co/travel/4988/ini-asal-usul-batu-belimbing-di-bangka-belitung
  • https://lifepal.co.id/media/batu-belimbing-jadi-ikon-unik-di-toboali/

Nearby