MENU×
Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo merupakan salah satu air terjun di Jawa Timur yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter yang berada di lereng Gunung Arjuno dan menjadi salah satu destinasi objek wisata favorit di wilayah Pasuruan. Karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, membuat air terjun ini memiliki pemandangan alam yang sangat memukau

Managed By Resma

Resma

Appointment with Owner

Whatsapp
Air Terjun Kakek Bodo

Jawa Timur dikenal akan wisata pantai nya yang beragam, padahal jika di explore lebih jauh Jawa Timur tidak hanya memiliki wisata pantai saja melainkan masih banyak wisata menarik lainnya yang layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Tretes, Prigen, Pasuruan. Air Terjun Kakek Bodo berada pada ketinggian 850 mdpl di kawasan wisata Tretes. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, tidak terlalu tinggi dibanding air terjun lain yang ada di wilayah Jawa Timur. Walaupun demikian, air terjun ini tetap menyuguhkan beragam keindahan yang dimulai sejak awal wisatawan masuk pada gapura selamat datang. Setelah masuk gapura wisatawan akan disambut dengan aneka kekayaan alam yang indah, hal ini dikarenakan letaknya yang berada ditengah hutan dan masih dikelilingi oleh bukit-bukit dan selama perjalanan menuju air terjun wisatawan tidak akan merasakan panas melainkan akan merasakan kesejukan dan kesegaran alam karena semilir angin yang terus berhembus.

Bukan Indonesia namanya jika suatu wisata alam tak lepas dari mitos asal-usulnya, Air Terjun Kakek Bodo juga memiliki mitos dimana dahulu ada seorang kakek pembantu keluarga Belanda yang meninggalkan semua fasilitas dunianya dan memilih untuk bertapa dan tinggal di hutan. kemudian majikan Belanda tersebut menyebut kakek ini "Kakek Bodoh" hingga akhirnya tempat tinggal dan petilasan kakek tersebut diberi nama Kakek Bodo. Di sekitar air terjun juga terdapat makam yang diduga adalah makam sang kakek. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, Air terjun ini memiliki pemandangan serta suasana yang indah dan tenang yang cocok untuk wisatawan merelaksasikan diri dari penatnya hiruk pikuk kota.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Kakek Bodo
Selain kawasan air, objek wisata ini juga menyediakan taman yang pas untuk selfie. Selain itu, pemandangan sekitar sangatlah menawan. Pepohonan yang menjulang tinggi, serta kicauan burung yang bernyanyi, menambah eloknya pemandangan di Lereng Gunung Arjuna ini. Ditambah dengan suhu udara yang berkisar antara 12 sampai 18 derajat. Membuat udara semakin sejuk dan mendamaikan tubuh.

Pintu masuk coban ini ada 3, pintu pertama berada di Candi Jawi, pintu kedua berada di Taman Safari Prigen II, dan pintu terakhir terletak di belakang Hotel Surya. Ketiga pintu ini memiliki keunikan jalan dan jarak tempuh masing-masing tetapi tetap dengan pemandangan nan elok khas Gunung Arjuna.

Diantara ketiga kawasan ini, pintu pertama merupakan jalan terbaik bagi wisatawan yang ingin menikmati kawasan ini. Dikarenakan, kawasan ini adalah jalan tembus yang sudah di bangun agar tidak terlalu lelah dalam berjalan. Oleh karena itu, pintu masuk ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada musim liburan tiba.

Untuk pintu ke dua, jarang sekali di lalui. Lantaran kebanyakan wisatawan memilih jalur pintu pertama yang jelas lebih cepat. Untuk pintu ketiga biasanya dilalui para pendaki yang ingin mendaki Gunung Arjuna. Selain rutenya yang cukup jauh, kawasan ini juga memiliki pemandangan nan esoktis karena lebih menyatu dengan alam. Di jalur pintu tiga ini, wisatawan juga akan menemui area camping yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati dinginnya malam serta eloknya pagi. Hadirnya bumi perkemahan ini, membuat para pendaki senang lantaran bisa menikmati segarnya Air terjun Kakek Bodo terlebih dahulu.

Disarankan bagi wisatawan yang memilih area camping sebagai tempat untuk bermalam membawa selimut yang cukup tebal. Udara dingin akan terasa pada pukul 12 dini hari keatas. Bila datang di musim kemarau, gunakan selimut lebih. Karena, suhu dinginnya akan lebih terasa menusuk sampai ke tulang.

Akses Menuju Ke Air Terjun Kakek Bodo
Air terjun kakek Bodo berada di Jalan Taman Wisata No. 541, Prigen, Semeru, Pasuaruan, Jawa Timur. Jarak yang di tempuh menuju ke kawasan ini dari Surabaya adalah sekitar 60 km dengan waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam perjalanan.

Wisatawan juga bisa menggunakan transportasi umum. Dengan cara naik bus dari Surabaya menuju ke Malang. Kemudian, turun di Pandaan. Lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Tretes. Biasanya, wisatawan akan diangkut oleh Izusu 1300 dengan tujuan pertigaan pasar tretes dengan harga Rp 5.000 saja. Kemudian turun di depan hotel Surya dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Bagi yang ingin menikmati pintu masuk satu. Perjalanan menuju Tretes, wisatawan akan melewati Candi Jawi. Turun di kawasan tersebut. Selanjutnya lanjutkan dengan berjalan kaki yang tidak terlalu jauh. Sementara itu, di depan pintu masuk yang ketiga wisatawan akan disuguhkan dengan pembiakan hewan rusa.

Fasilitas Yang Tersedia di Air Terjun Kakek Bodo
Untuk fasilitas air terjun ini sudah cukup lengkap dan mumpuni, diantaranya :

  • Musholla
  • Kolam renang
  • Taman bermain anak
  • Kios / warung
  • Shelter
  • Toilet

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, diharapkan wisatawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menikmati liburan.

Tiket dan Jam Operasional Air Terjun Kakek Bodo
Untuk bisa menikmati kawasan wisata ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000. sedangkan untuk camping cukup menambah biaya sebesar Rp 5.000. bagi wisatawan yang membwa kendaraan pribadi, juga akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 dan mobil sebesar Rp 5.000.

Source :

  • https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-kakek-bodo/
  • https://explorewisata.com/2018/09/foto-lokasi-rute-dan-harga-tiket-masuk-air-terjun-kakek-bodo-prigen-pasuruan.html